Sesungguhnya untuk mengetahui dan memahami SEO itu tidaklah sulit. Namun untuk menjadi ahli di bidang ini tidaklah mudah, dibutuhkan jam terbang dan pengembangan berbagai keterampilan. Jika Anda tertarik dengan dunia SEO dan ingin menjadi seorang Pakar SEO Indonesia atau mungkin anda sedang membutuhkan Doni Bstian, seorang pakar SEO untuk mengelola situs web, maka sangat dianjurkan untuk terus membaca sampai akhir artikel ini.
Apa itu SEO?
SEO adalah singkatan dari ‘Search Engine Optimization‘ atau terjemahannya “optimasi mesin pencari“. Dengan kata lain berarti sebuah proses untuk meningkatkan performa dan visibilitas situs web, pada mesin pencari seperti misalnya yang paling terkenal adalah Google, ada juga Microsoft Bing dan mesin pencari lainnya, setiap kali pengguna melakukan pencarian. Tujuannya adalah untuk membantu menarik pengguna ke sebuah situs web yang mungkin saja mereka akan menjadi pelanggan bisnis.
Apa itu Pakar SEO?
Pakar SEO atau Ahli SEO, juga dikenal dengan SEO Specialist (Spesialis SEO) adalah seseorang yang memantau tren pencarian dengan menggunakan alat analisis untuk membantu bisnis membangun website yang berperingkat tinggi di mesin pencari, menjangkau target pelanggan, dan mencapai tujuan bisnis mereka. Website yang dioptimalkan tersebut membantu menjangkau calon pelanggan dan juga akan mendorong konversi untuk mendukung pertumbuhan bisnis.
Selain itu, seorang ahli SEO juga mampu merencanakan strategi SEO jangka panjang untuk sebuah bisnis, serta memberikan solusi yang tepat dan tepat waktu jika terjadi masalah pada website.
Mengapa Harus Memilih Spesialis SEO?
Pada masa sekarang ini, banyak bisnis yang mempertimbangkan untuk mempekerjakan pakar SEO Indonesia guna mencapai tujuan bisnis mereka. Alasan meningkatnya permintaan Spesialis SEO didasarkan pada pentingnya peran dan keberadaan mereka di dalam bisnis. Apa saja peran Ahli SEO di dalam aktifitas bisnis ?
1. Meningkatkan Pendapatan Dengan Mengoptimalkan Tingkat Konversi
Ahli SEO akan menerapkan strategi tertentu, termasuk riset kata kunci yang sesuai dan optimalisasi konten dan struktur situs web. Dari sana, promosikan website untuk mencapai peringkat tinggi di halaman hasil pencarian.
Muncul di bagian atas hasil pencarian berarti website Anda akan terlihat oleh beberapa pesaing. Kemudian, sejumlah besar calon pengguna akan melihatnya ketika mereka mencari kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda. Hal ini meningkatkan peluang Anda untuk menjangkau calon pelanggan dan meningkatkan kemampuan Anda untuk sukses dalam bisnis online.
2. Meningkatkan Reputasi Branding dan Membina Pelanggan Setia
Seorang pakar akan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna situs web Anda melalui pembuatan konten yang bermanfaat, merancang antarmuka situs web yang cerdas, meningkatkan kecepatan pemuatan halaman…
3. Optimalkan Pengalaman Pengguna (User Experience)
Dari sana, pengguna secara bertahap akan menjadi lebih bersimpati terhadap situs web Anda. Hal ini dapat memotivasi mereka untuk tinggal lebih lama atau terus berkunjung pada penelusuran berikutnya.
4. Secara Proaktif Membuat Rencana dan Beradaptasi
Pakar SEO Indonesia biasanya adalah orang yang bertanggung jawab menggunakan alat SEO khusus untuk memantau dan menganalisis indikator kinerja situs web: lalu lintas, rasio pentalan, tingkat konversi… Dari sana, situasi saat ini dapat dinilai, termasuk skor kekuatan dan kelemahan situs web menguraikan strategi untuk meningkatkan kekuatan dan memperbaiki kelemahan.
Faktanya, para ahli SEO juga dapat melacak metrik ini jika mereka mempelajari cara menggunakan alat tersebut. Namun, berdasarkan kedalaman yang dimiliki para pakar, mereka akan memberikan komentar, ulasan, dan solusi yang berkali-kali lipat lebih efektif.
Apa yang Membuat Seorang Ahli SEO Sukses?
Karakteristik yang dibutuhkan seorang ahli SEO adalah sebagai berikut :
Konsisten dan tidak takut gagal
Konsistensi adalah kunci kesuksesan, terutama jika Anda ingin menjadi ahli SEO. Seperti disebutkan, menjadi Pakar SEO adalah perjalanan yang sulit. Harap anda tetap rajin dan tekun membaca dan belajar untuk mengumpulkan banyak pengetahuan dan keterampilan tentang SEO.
Namun ingat, “pembelajaran harus berjalan seiring dengan latihan”. Satu kesamaan yang dapat Anda lihat pada para ahli SEO mana pun adalah mereka adalah orang-orang yang tekun dan telah banyak berlatih. Para SEO-ers tidak perlu takut gagal, teruslah melaksanakan proyek untuk mempelajari kehidupan nyata yang tidak pernah diajarkan di bangku sekolah atau tertulis pada halaman buku. Ini menciptakan pengalaman yang sangat berharga bagi seorang pakar SEO Indonesia.
Selalu mempunyai semangat perbaikan
SEO adalah kegiatan yang berkaitan erat dengan teknik dan teknologi. Terlihat bahwa gambaran teknologi di dunia ini sangat dinamis dan terus berkembang. Oleh karena itu, seorang ahli tidak boleh memiliki pandangan inersia yaitu, dia tidak boleh takut dengan adanya perubahan, inovasi dan kreativitas.
Berpikir inovatif
Untuk diketahui bahwa Google selalu mengupdate algoritmanya setiap bulan sehingga menimbulkan dampak yang signifikan terhadap peringkat website. Jika pakar SEO tidak memperbarui dan berusaha memperbaikinya, maka website pasti akan tersingkir dari hasil pencarian teratas oleh Google.
Pemikiran kolaboratif
Membangun hubungan baik dengan ahli lainnya akan mendatangkan keuntungan besar. Hal ini tidak hanya membantu para ahli SEO untuk saling membantu dan memberi nasihat ketika menghadapi kesulitan, tetapi juga dapat bertukar pembaruan dan pengetahuan baru di industri.
Baca juga : Pentingnya Pemahaman SEO untuk Mengembngkan Website
Pengetahuan Apa yang Harus Dimiliki Pakar SEO?
Pengetahuan Tentang SEO
Seorang ahli SEO perlu menguasai ilmu SEO, ini sudah jelas. Namun SEO Expert tidak hanya perlu menguasai ilmu dasar saja, namun juga perlu belajar mendalam tentang keahliannya. Sumber ilmu pengetahuan tidak boleh terbatas pada sumber dalam negeri saja, melainkan harus dipelajari dari buku, website atau dari para ahli terkemuka di luar negeri.
Salah satu ilmu SEO yang harus dimiliki setiap Pakar SEO:
- Kemampuan untuk meneliti kata kunci dan meneliti pesaing
- Menuli dan membuat konten yang menarik
- Memahami teknologi, alat SEO dan algoritma Google
- Mahir dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara mendalam
- Kemampuan untuk merencanakan strategi dalam jangka pendek dan panjang.
Pengetahuan tentang Pemasaran
Pengetahuan penting lainnya yang harus dimiliki oleh seorang ahli SEO adalah pengetahuan tentang Pemasaran. SEO adalah bagian dari Pemasaran, khususnya Pemasaran Digital. Pakar harus menguasai ilmu seperti: Google Ads, Facebook Ads, Youtube Ads, media marketing.
Berkat pengetahuan Pemasaran Digital, pakar dapat dengan mudah menghubungkan SEO ke dalam proses Pemasaran untuk memaksimalkan pendapatan bisnis.
Keterampilan yang Dibutuhkan Untuk menjadi Ahli SEO
Keterampilan menulis
Meskipun sangat mendasar, ini adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap ahli SEO. Spesialis SEO adalah penulis kreatif yang terampil, jadi memiliki latar belakang menulis yang kuat akan sangat membantu untuk mengoptimalkan konten dengan cara yang unik dan menarik.
Pertahankan keterampilan menulis sebagai kebiasaan. Saat menulis, Anda harus memperhatikan cara menulis untuk menarik target audiens, meningkatkan rasio klik-tayang dan memastikan faktor EEAT.
Pola pikir penelitian untuk memahami sifat mesin pencari
Pekerjaan seorang pakar SEO erat kaitannya dengan mesin pencari. Oleh karena itu, mohon pelajari sifat mereka dengan cermat.
Meskipun setiap mesin telusur mungkin bekerja secara berbeda, ingatlah bahwa semuanya memiliki satu tujuan: Selalu mendapatkan hasil terbaik untuk setiap kueri.
Faktanya, Google terus merilis pembaruan bulanan, SEO Specialist perlu memiliki pola pikir riset untuk dapat mengoptimalkan situs web mereka agar sesuai dengan algoritma baru. Selain itu, ahli juga perlu menerapkan keterampilan penelitian ini dalam menganalisis kumpulan kata kunci untuk menghasilkan taktik bersaing melawan pesaing.
Keterampilan Analitis dan Penggunaan Alat SEO (Tools)
Saat ini, ada banyak alat untuk mendukung SEO-ers dalam penelitian kata kunci, pengindeksan, pengumpulan data atau analisis indeks yang efektif. Mempelajari cara menggunakan alat ini tidak memakan banyak waktu. Namun untuk menjadi Pakar SEO Indonesia, Anda harus melatih pemikiran analisis data.
Pola pikir dan keahlian masing-masing SEO Expert akan mempengaruhi cara pandangnya terhadap data yang diterima. Dari analisis tersebut, mereka akan menghasilkan rencana untuk diterapkan pada bisnis. SEO Specialist dengan kemampuan analitis yang baik sering kali menghasilkan strategi yang efektif. Mahir dalam menggunakan alat.
Keterampilan Selektif
Keterampilan selektif sangat diperlukan bagi seorang ahli SEO. Seperti yang disebutkan, saat ini ada banyak alat SEO yang membuat proses optimasi website menjadi lebih mudah. Namun, menggunakan terlalu banyak alat tidak serta merta memaksimalkan kinerja.
Mengembangkan keterampilan seleksi akan membantu Pakar SEO mengetahui alat mana yang paling sesuai untuk tujuan mereka. Setiap alat akan memiliki kekuatan dan keterbatasannya. SEO Specialist juga harus mempertimbangkan dengan cermat selama proses pemilihan, terutama mereka juga dapat menggabungkan banyak alat dengan fitur berbeda untuk mempermudah proses.
Keterampilan seleksi ini juga diterapkan dalam banyak kasus lain: memilih kumpulan kata kunci, menghubungkan situs web.
Keterampilan Unggul
Peran seorang Specialis SEO tidak hanya mengumpulkan data tetapi juga mengambilnya. Dalam hal ini, proses kerja mereka akan menjadi lebih mudah jika mereka mengetahui cara menerapkan fungsi query di Excel.
Tidak hanya itu, pakar SEO harus membuat template excel untuk mengelola dan mengevaluasi parameter efektif kampanye. Cara kerja yang cerdas dan ilmiah ini akan membawa efisiensi yang lebih tinggi.
Mahir dalam keterampilan Excel
Keterampilan membangun hubungan
Pakar SEO bukanlah orang yang melakukan semua pekerjaan. Sebaliknya, merekalah yang akan memberikan arahan dan rencana, dan staf akan melaksanakan tugas tersebut. Oleh karena itu, perlu berkomunikasi secara efektif untuk menghubungkan dan mengoordinasikan pekerjaan anggota, agar dapat menjalankan kelompok kerja yang baik.
Membangun hubungan dengan profesional lainnya juga merupakan cara yang bagus untuk belajar, berkembang, dan membantu satu sama lain. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi Pakar SEO, pelajari cara berkomunikasi dengan terampil.
5 Faktor penting untuk memilih pakar SEO Indonesia terbaik
Jika situs web Anda adalah salah satu saluran utama untuk menjangkau pelanggan dan Anda ingin mencapai tingkat konversi yang tinggi, pertimbangkan untuk memilih SEO Specialist untuk bisnis Anda.
1. Faktor pengalaman
Ini adalah faktor paling prasyarat yang harus Anda pertimbangkan. Seorang ahli dengan pengalaman bertahun-tahun dan telah melaksanakan banyak proyek akan memiliki pilihan yang lebih sesuai.
Seorang ahli SEO dengan pengalaman bertahun-tahun akan dapat melihat situs web mana pun dan tahu persis apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas mesin pencari.
2. Mahir dalam 3 aspek SEO
Pengoptimalan situs web mencakup 3 aspek utama yaitu :
- SEO teknis (Technical SEO)
- SEO pada halaman (On Page)
- SEO di luar halaman (Off Page)
Ketiga aspek tersebut, semuanya memiliki peran yang sama dan terkait erat satu sama lain. Oleh karena itu, pakar dituntut untuk mahir pada semua aspek tersebut untuk hasil optimasi terbaik yang komprehensif.
3. Membuktikan hasil dengan data
Kapasitas dan hasil keja dari Pakar SEO harus bisa dibuktikan dengan data dan angka. Hal ini juga berlaku di posisi lain. Tidak ada yang akan tahu seberapa berpengetahuan seorang ahli SEO jika mereka tidak tahu apa yang telah mereka lakukan. Hasil dari kampanye sebelumnya akan mengevaluasi kesesuaian seorang SEO Expert dibandingkan dengan keinginan dan harapan yang diberikan oleh bisnis.
4. Pemahaman terhadap Pemasaran
Dari perspektif yang lebih luas, SEO juga dianggap sebagai aktivitas komunikasi bisnis. Meski condong ke arah Digital Marketing, SEO tetap bertujuan untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan.
Oleh karena itu, ahli SEO perlu memahami gambaran pemasaran secara keseluruhan. Memahami wawasan dan perilaku pembelian audiens target akan membantu dalam proses pembuatan situs web dengan menciptakan titik kontak yang berharga.
5. Kesesuaian dengan budaya perusahaan
Kapasitas tidak dapat dimanfaatkan dan dipromosikan jika ditempatkan pada lingkungan yang tidak tepat. Pakar SEO juga merupakan bagian dari bisnis, mereka harus berinteraksi dengan departemen lain. Oleh karena itu, Ahli SEO yang memiliki budaya kerja serupa akan membantu kampanye berjalan lebih lancar.
Nama-nama Pakar SEO Indonesia Terbaik Tahun 2024
Berikut ini adalah beberapa nama pakar populer sesuai hasil pencarian data di halaman Google :
- Adityanurbaskoro
- Defriansyah
- Andreas Agung
- Didik Arwinsyah
- Doni Bastian
Demikianlah semoga bermanfaat..